KUNJUNGAN DOSEN PRODI PAI-UMM KE UAD YOGYAKARTA “PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL”

Selasa, 10 Maret 2020 15:41 WIB

Literasi sebenarnya tidak sekadar membaca dan menulis, tetapi literasi data, manusia dan teknologi. Pembelajaran di era digital, teknologi bagian pembelajaran. Guru harus bisa menanamkan nilai.

Demikian diungkapkan Dina Mardiana MPdI, dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam seminar ‘Education in Digital Era’ di Islamic Center UAD, Ringroad Selatan, Bantul, Sabtu (09/03/2020). Hadir pula narasumber Muhammad Yusuf MPdI (dosen PAI-UMM) dengan narasumber Anna Tri Ridho MPdI. Visiting Lecturer UM Malang ini bertema ‘Education in Digital Era’ diberi pengantar Farid Setiawan MPdI (Kaprodi PAI-UAD) dan dibuka Dr Nur Kholis MAg (Dekan FAI-UAD).

Menurut Dina Mardiana, pendidikan era digital, teknologi sudah saatnya diaplikasikan, bukan sekadar diwacanakan. Contoh, kalau siswa pendidikan SD, SMP, SMA/SMK masih membawa buku seabreg ke sekolah, itu menandakan pembelajaran masih konvensional. “Saatnya, menggunakan teknologi untuk pembelajaran, seperti website,” katanya. Sedangkan Muhammad Yusuf lebih banyak mengupas Strategi dan Evaluasi Pendidikan.

Sebelumnya, Farid Setiawan MPdI dan Dr Nur Kholis MAg dalam sambutan secara senada mengatakan, prodi PAI pola pembelajarannya sangat kontekstual dan menggunakan teknologi pembelajaran yang canggih. “PAI mau dan mampu berkolaborasi dan bersinergi,” kata Farid Setiawan. Selain itu, kata Nur Kholis, menunut ilmu harus tekun, sabar dan ikhlas.

“Berlandaskan keikhlasan ilmu akan terserap dengan mudah,” tambah Nur Kholis.

Shared: