Jurusan Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Malang

Fasilitas

Fasilitas Jurusan Tarbiyah

 

LABORATORIUM TARBIYAH

Laboratorium penunjang bagi proses perkuliahan mahasiswa jurusan Tarbiyah. Selain menyelenggarakan praktikum yang membekali mahasiswa untuk menjadi a good class teacher (yaitu guru kelas yang metodis, kompeten, akrab teknologi informasi untuk pembelajaran dan berkebribadian) juga praktikum komunikasi dakwah untuk menyiapkan juru dakwah yang handal. Laboratorium ini juga menyelenggarakan berbagai pelatihan, lokakarya, penelitian dan pengkajian untuk pengembangan teori, model/teknologi pembelajaran dan lain-lain. Untuk itu, laboratorium ini dilengkapi ruang micro Teaching dan ruang Komunikasa Dakwah beserta perangkatnya.


Latar Belakang

Jurusan Tarbiyah (Prodi. Pendidikan Agama Islam) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang dalam rumusan misinya menyebutkan tiga hal: pertama, menyelenggarakan pendidikan tingkat Sarjana Strata Satu (S1) yang berbasis riset sebagai pijakan pengembangan kajian keislaman dan kependidikan Islam. Kedua, mengembangkan kemampuan metodologis kepada mahasiswa Strata Satu untuk melakukan kajian dan penelitian di bidang keislaman dan kependidikan. Dan ketiga, mengembangkan keahlian dan keterampilan mahasiswa yang mendukung profesi di bidang kependidikan.


Dari misi yang diembannya ini, Jurusan Tarbiyah berharap dapat melahirkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki integritas intelektual dan moral sesuai dengan bidangnya dengan kualifikasi: a) Menguasai ilmu-ilmu keislaman, normatif maupun historis, dan melaksanakannya dalam kehidupan pribadi dan masyarakat; b) Menguasai ilmu-ilmu kependidikan Islam, baik pada dataran konsep, teoritik maupun praktis; dan c) Mengusai dasar-dasar metodologi untuk mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan kependidikan Islam.

Untuk mencapai tujuan di atas, Jurusan Tarbiyah sudah semestinya menyediakan milliu dan proses pembelajaran yang kondusif bagi civitas akademikanya (baca: Dosen dan Mahasiswa) dalam mengembangkan integritas keilmuan, keberislaman, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu sarana pendukung akademik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif itu adalah laboratorium pendidikan.


Walaupun hanya sebagai unsur penunjang kegiatan akademik, keberadaan laboratorium di suatu perguruan tinggi sungguh merupakan sebuah keharusan (conditio sine quanon). Hal ini mengingat bahwa pertama, laboratorium merupakan wadah pemusatan bidang keilmuan, teknologi dan atau kesenian tertentu, tempat otoritas dan integritas akademik ditumbuhkembangkan. Kedua, secara fungsional, penyelenggaraan seluruh kegiatan akademik di perguruan tinggi harus dilandaskan pada laboratorium; dan ketiga, laboratorium merupakan sarana mahasiswa untuk lebih mudah memahami persoalan-persoalan yang dihadapi di ruang kuliah, selain meningkatkan keterampilan mereka dalam mengerjakan sesuatu. Berdasar uraian inilah laboratorium Tarbiyah ini dibangun.


Next >>

Shared: