Jurusan Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Malang

Rencana Pengembangan Jangka Panjang

Rencana Pengembangan Jangka Panjang

Pada prinsipnya, laboratorium ini diarahkan untuk menjalankan fungsi-fungsi Tridharma Perguruan Tinggi yang tersirat di dalam tujuannya: yaitu, 1] membantu Jurusan Tarbiyah dalam memperkuat proses pembelajaran (process of learning & teaching) dengan menyediakan sistem matakuliah praktikum yang memberdayakan; 2] melakukan pengkajian dan penelitian dalam upaya discovery terhadap a) teori atau model pengelolaan dan evaluasi kelas; b) teknologi pembelajaran; dan 3] menerapkan pembelajaran dan ilmu kependidikan Islam (konsep; model; teknologi pembelajaran) sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat.


Berdasar itulah, maka pengembangan jangka panjang laboratorium ini diarahkan pada pembelajaran, pengkajian (penelitian) dan pengabdian masyarakat. Arah ini kemudian dijabarkan dalam bidang kerja laboratorium berikut ini:

1. Divisi Pelatihan dan Praktikum


Divisi ini diarahkan untuk menangani semua program yang berkenaan dengan pelatihan (training), pembelajaran (learnership) dan praktikum mahasiswa Jurusan Tarbiyah dalam rangka membantu jurusan memperkuat process of learning yang kondusif bagi mahasiswanya.

2. Divisi Penelitian dan Pengkajian


Divisi ini diarahkan untuk membidangi semua kegiatan yang bersifat penelitian dan pengkajian kependidikan (dan pembelajaran) Melalui divisi ini Laboratorium Tarbiyah diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan di semua lini bidang pembelajaran dan kependidikan Islam (pemikiran; sistem; metodologi; kelembagaan; managerial, media/ teknologi pembelajaran dll.)

3. Divisi Pengabdian Masyarakat


Divisi ini diarahkan untuk menangani semua kegiatan kependidikan dan pembelajaran Islam yang bersifat terapan (applicated) langsung kepada masyarakat. Melalui divisi ini Laboratorium Tarbiyah diharapkan memiliki andil, sebagai wujud pengabdian masyarakat, dalam memberdayakan umat Islam menuju learning society (al-mujtama’ al-muta’allimah; masyarakat pembelajar).


Selain fasilitas Laboratorium Tarbiyah di atas, Jurusan Tarbiyah juga bisa menggunakan fasilitas-fasilitas lainnya yang digunakan secara bersama-sama di Fakultas Agama Islam. (untuk mengetahui fasilitas-fasilitas tersebut, klik di sini)

<< Back

Shared: